Selasa, 29 April 2014

Manfaat Rawa







Rawa merupakan kekayaan alam yg cukup besar manfaatnya. Namun kadang manusia juga mengotorinya dengan ulah mereka dan menimbulkan dampak yang sangat besar.
Manfaat rawa diantaranya :

1. SEBAGAI SUMBER PENGHIDUPAN.
Salah satunya bisa dimanfaatkan untuk penangkaran/budidaya ikan, selain dijual hasilnya pun bisa untuk sebagai lauk tambahan.
Ada juga sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air, sekarang pun masih sering kita jumpai di pelosok-pelosok desa yang masih belum adanya pasokan listrik.

2. SARANA TRANSPORTASI.
Rawa-rawa besar masih banyak yang digunakan sebagai sarana transportasi layaknya jalan pintas, atau karna juga belum adanya jembatan layang yang menghubung daerah satu ke daerah satunya.

3. TEMPAT PARIWISATA.
Banyak rawa-rawa khususnya di Indonesia ini dijadikan tempat wisata yang cukup menarik, seperti waduk, air terjun, danau, dan masih banyak lg.

4. SARANA OLAHRAGA.
Contohnya yang umung sekarang semisal arung jeram memanfaatkan derasnya aliran rawa. Banyak tempat/rawa yang kita jumpai di indonesia ini sebagai salah satu objek buat berolahraga.

5. TEMPAT SAMPAH.
Ya ulah tangan manusia sendiri yang bisa membuat rawa jadi kotor penuh tumpukan sampah, dan dampaknya pun dirasakan sendiri.
Banyak sudah kita jumpai di sekitar kita, sampah, limbah-limbah pabrik, itu yang merusak ekosistem di rawa.


Banyak manfaat dan banyak juga dampak negatif dari ulah manusia sendiri, setidaknya kita bisa menjaga dan melestarikan keindahan rawa banyak hasil yang kita peroleh dari itu. Menjaga alam adalah kewajiban kita.

0 komentar:

Posting Komentar